indonesian law

18.00

sekali kali boleh lah ya nulis seriuss :P


setiap nonton TV atau pun buka twitter, kayanya hukum Indonesia lagi disorot banget ya. Mulai dari kasua A sampai Z

Dulu, Kasus Bank Century mencuat ke permukaan. Menjadi polemik masyarakat. Masyarakat yang merasa dirinya Nasionalis itu langsung terjun ke lapangan. Meneriakan Keadilan. Menyerukan kepastian hukum indonesia. Belum tuntas kasus tersebut munculah kasus baru

Susno Duaji (sorry for spelling name) mantan Kabareskrim Polri. Di tangkap di tuduh tersangkutnya tindak korupsi "arwana"

Gayus Tambunan. Dia bisa di bilang hanya "Pion" kecil di dunia perpajakan namun memiliki harta yang melimpah.

dan yang lagi hot-hot nya sekarang di twitter adalah, Ibu dari Alamanda yang di vonis 10 tahun dan denda 10 miliyar


Okay, mungkin saya memang belum pernah menulis blog dengan tema yang serius ini. Namun saya hanya mencoba untuk mengkritisi sedikit.

Dari beberapa kasus yang mencuat di media, hampir sebagian besar adalah kasus Korupsi. Korupsi mulai mendarah daging di Indonesia saya rasa.

Masyrakat mulai gerah dengan sikap pemerintah dan meneriakan Keadilan di jalanan. Mana keadilan Mana kepastian hukum ?

Keadilan itu sifatnya relatif. Adil bagi saya belum tentu adil bagi anda. Tidak ada manusia yang bisa berlaku Adil kecuali Allah SWT. Menurut Aristoteles pun keadilan itu terbagi menjadi dua. Distributif dan Komutatif. Intinya keadilan itu relatif.

Ketika Hakim mem-vonis suatu perkara itu melalui proses yang panjang. Memiliki pertimbangan yang berbeda. Hakim juga manusia dan tentunya memiliki pandangan "keadilan" berbeda dengan masyarakat lainnya.

Pada dasarnya untuk mencapai "keadilan itu sendiri" di perlukannya ketertiban. ketertiban dalam menjalani hukum di Indonesia. Ketertiban itu akan terjadi bila ada yang namanya "kepastian hukum"

Hukum Indonesia sudah benar dan cukup baik. Semua tertulis dengan baik. dan berpacu pada UUD. namun, banyak sekali orang yg bilang bahwa Hukum bisa di beli atau UUD = Ujung Ujungnya Duit.

Apakah itu salah hukum Indonesia ? Tidak ! itu salah Moral yang mengaku nya Penegak Hukum Indonesia. Mental mereka.

Namun, kita hanya orang awam yang tidak mengerti betul apa itu Hukum Indonesia. Kita sebagai masyarakat hanya melihat, menyoroti, dan mengomentari.

Jadi, menurut saya kalo Anda ingin Terjadinya keadilan. Mulailah pada diri Anda sendiri, lakukan yang namanya "ketertiban" patuhi hukum . InsyaAllah keadilan akan tercapai jika tiap orang nya tertib dan patuh hukum tidak terkecuali Pelaku Hukum Indonesia

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Google+ Followers