Bachelor of Law

23.35

OMYGAHH
Finally I had this plenty of timeee to writing! The last post, I said gue cuma pengen lulus, dan Alhamdulilah officially Bachelor of Law. First of All gue mau cerita tentang perjalanan skripsi gue.

Gue termasuk lamaaa ngerjain skripsinya. It takes 10 bulan buat ngelarin skripsi, which is kalo lo mau 5 bulan juga jadi ini skripsi. Pertama kali ngajuin judul itu di bulan januari 2014. Alhamdulilah gapake di tolak-tolak langsung acc. Setelah itu as you know birokrasi kampus gue super panjaaaaaaang~ alurnya seperti ini :
Lupa-lupa inget sih gue, tp ya gini kira-kira.
Pertama, gue harus ke sba bikin surat permohonan pembimbing,  kalo mau cepet jadi ya tongkrongin aja SBA nya, baru minta ke bagian penomoran surat, then minta ttd Wadek  1. (keliatannya simple, nyatanya…….)
Kedua, nyamperin 2 dosen pembimbing buat minta ttd nya. Ini ga langsung gue kerjain gue malah leha-leha dulu beberapa minggu kemudian baru cari dosen :P
Ketiga, setelah dapet ttd nya baru ke SBA lagi minta bikinin surat tugas dengan alur yang sama tentunya. SBA – Penomoran – Wadek1

Barulah kita bisa bimbingan. Oiya sebelumnya gue jg dikasih kartu bimbingan warna biru yang harus diisi tiap bimbingannya (sebagai syarat sidang akhir). Ditung-itung gue baru resmi bimbingan itu bulan Februari! Dan skema bimbingan gue adalah kelarin dulu di pembimbing 2 baru bisa naik ke pembimbing 1 which itu tuh lamaaaaaa L

Oiya di kampus gue, lo bakal melewati 2 tahap sidang dan 1 seminar. Tapi kalo di anak hukum sih terkenalnya 3 sidang ; Sidang UP, Sidang akhir yang dibagi jadi 2 yaitu sidang materi dan sidang kompre.

Buat ngerjain BAB 1 aja gue super lama banget, disamping gue akuin emg gue males2an ngerjainnya, setelah bimbingan ga langsung revisi leyeh leyeh dulu, belum lagi gue off 2 minggu dari dunia perskripsian ke east Europe, trus jalan-jalan ke Singapore segala macem. Akhirnya tanggal 21 mei barulah UP gue di acc sama pembimbing 2. Baru pembimbing 2 shaaay. Setelah itu baru gue lanjutin ke pembimbing 1, dan yang ini ga lama. Sekali  masukin langsung acc  tapi harus nunggu semingguan lah. Alhasil baru tanggal 2 juni UP gue resmi di ACC.

Perjalanan masih panjang bung! Daftar UP ga sesimple itu ternyata. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhin.  Pertama lembar formulir seminar UP, slip pembayaran terakhir, transkrip nilai, fotocopy surat tugas, fotocopy form pengajuan judul (kalo gasalah) dan draft UP. Sebelumnya, di form pengajuan seminar gue harus minta ttd kedua pembimbing, plus ketua prodi gue, Karena gue hukum ekonomi, jadi harus minta kebagian keperdataan. OIYA ketinggalan, gue harus bikin lembar penegesahan 8 lembar di tanda tangan dekan dan wakil dekan satu. Setelah semuanya lengkaap barulah bisa daftar di SBA.

Daaaaannnn gue harus nunggu 1 bulan baru bisa UP! Karena antriannya emang panjang banget. Gue baru bisa ambil undangan UP gue baru tanggal 26 juni dan baru nyebarin ke dosen pembimbing dan penguji. & FYI aja gue kerumah penguji gue yang mana gue afal daerah bandung! Thank God joza mau nemenin gue ampe kelaaar :3. Dijadwalkan gue sidang UP tanggal 2 juli untuk UP.

UP di Bulan puasa yang gue harepin adalah berkah ramadhan dong pastinya! Semoga dosennya baik-baik haha. Deg-degan nya parah banget. Ngaco. Gelisah bawaannya. Tapi pas semua udah berjalan yaudah yang keluar dari mulut gue “oh gini aja” dan berlanjut selebrasi dari temen2 gue yang bawa balon2an :D

Berhubung bulan puasa dan mau lebaran gue males lagi deh skripsian. Ada kali sebulanan gue anggurin. Dan baru mulai ngerjain revisi dan lanjut bab berikutnya di bulan agustus. Barulah dari situ gue kebut ngerjainnya, ya ga ngebut2 banget sih tapi at least tiap minggu gue pasti ketemu sama pembimbing. Mulai ambil data yg alhamdulilah termudahkan sekali hehehe. Bisa lewat email dan buat wawancara ga perlu jauh-jauh ke lokasi di Sumatra selatan karena ada rakor di Jakarta

Di pembimbing 2 yang bikin happy BAB 4 gak ada yang direvisi sedikitpun! Gilaaaa bahagia banget. Direvisi cuma di BAB 5 yang katanya kepanjangan. Pas udah onfire bgt semangat bakal wisuda November, which is terakhir daftar wisuda tanggal 21 oktober dan itu tuh sekitar tanggal 10 september gue gak punya banyak waktu lagi. Dan tanggal 11 september malem panas gue 37derajat celcius gue kira sakit2 biasa. Banyak minum air putih ajadeh gue, makin malem tidur gue makin gaenak, makin gelisah, jam 2 dini hari gue coba temp badan dan panas gue 38derajat celcius dan keep goin up! Besokannya akhirnya gue memutuskan untuk balik ke Jakarta, lagi – lagi di tolong sama joza dianterin kerumah. Super baik ga ngerti lagi. Disepanjang jalan badan gue gaenak, dan pas gue temp panas gue 40derajat celcius.

Sampai dirumah langsung tidur, tiba-tiba papa masuk kamar dan ngasih obat :’) dan ternyata papa lagi ga enak badan jg, malemnya, papa manggil dokter (actually the facilities only valid for him) dan gue ikutan diperiksa, langsung dinfus karena panas tinggi dan ambil darah.

Besok paginya mama bangunin dan bilang gue harus dirawat. Karena gue positif demam berdarah. Akhirnya seminggu gue terkapar dirumah sakit gabisa apa-apa. Setelah trombosit naik gue langsung plg dan meluncur ke bandung!

Langsung mulai bimbingan lagi on that limit time. Akhirnya tanggal 29 september gue di acc buat sidang akhir oleh pembiming 2. Langsung bergerak ke pembimbing 1. Lama ditinggal seminggu dulu dan ternyata bab 4 gue masih direvisi while, joza uda daftar sidang akhir. Sedih banget rasanya, gabisa nahan lagi akhirnya jatoh jg airmata karena skripsi… hahaha. Kasian kali ya dia ngeliat gue nangis gt, akhirnya ikut ngebantuin dengan cara-cara nanya-nanya skripsi gue, Ini kenapa bisa jadi kaya gini, dasar hukumnya mana, pasal berapa dan berujung “ya lo tulis dong di skripsi lo biar jelas analisa hukumnya”. Well said. Akhirnya gue ngajuin draft gue lagi, dan harus ditinggal lagi. Tanggal 6 oktober akhirnya gue di ACC juga, leganya bukan main. Senengnya bukan main. Selama nunggu itu gue udah nyiapin yang bisa gue siapin.

Antara lain, pas foto, form pendaftaran sidang akhir, fotocopy toefl, slip pembayaran, form revisi UP, apalagi ya banyak deh. Untuk minta transkrip dan KKS gue baru bisa tanggal 6 itu sendiri which is hari senin karena harus nunjukin lembar pengesahan pembimbing, setelah dapet gue baru ngehubungin dosen wali minta ttd KKS gue, dan baru bisa besoknya. Dan kabarnya hari selasa hari terakhir daftar sidang akhir. Setelah dpt nih ttd doswal gue ke sba minta paraf dan ternyataaaaaa kasubag nya ga ada. Mewek lagi deh gue, dan lagi-lagi joza nemenin gue bentaran mewek disaat besoknya dia sidang akhir.

Hari rabu, his day. Pagi-pagi gue nemenin di kampus mambo, jam 8an langsung ke DU nyari bu lia dan dapet lah parafnya baru bisa minta ttd wadek dan dekan. Dan wadeknya lagi keluar kota. Yaudah. Gue pasrah bgt saat itu. Mau wisuda kapan juga. Pasrah.

Tiap hari gue cek, sampe hari jumat lembar pengesahan gue uda di ttd gue langsung minta ttd dekan. Setelah solat jumat kelar semuanya, langsung jilid draft skripsi dan daftar. Baru keluar kampus dan baru nyampe dago gue di sms sba suruh ambil undangan sidang akhir. KAYA PETIR rasanya. Dan gue dapet sidang hari RABU.

The day comes, gue dateng dan sidang. Deg deg annya ga separah UP. Pertama yang gue jalanin sidang kompre, dan dosennya baik sekaliiiii… bikin gue ga ngerasa intimidate, kalo gue lupa lupa gt di bantuin. Barulah sidang materi yang juga menyenangkan sekali, malah ketawa ketawa berujung dengan sharing (alhamdulilah punya satu pandangan yang sama dengan penguji hahaha). Setelah selesai rasanya kaya “udah gini doang?” dan sorenya langsung yudisium alhamdulilah A :””)
super seneng banget keluar gedung mambo udah rame sama temen2 kesayangan, ada yang bawain balon pink, selempangan pink, flower crown pink, balon S.H dan dapet 3 bunga! The huge pink gerberas flower bouquet dari My only Joza! yang akhirnya gue dikasih bunga :3, trus pink bouquet flowers lg dari my girls yg isinya pink gerbera, & pink roses, and some white flower don't know the name, and the last from my partner Diaz!! a white roses bouquet!

Daann birokrasi ga selesai sampai situ! Keribetan setelah sidang sudah menunggu. Ga buang waktu malemnya langsung revisi langsung bimbingan lagi buat revisi. Minta ttd form revisi, langsung upload ke web unpad, langsung bikin cd & hardcover dan alhamdulilah sudah terdaftar jadi wisudawan ;”)

Walaupun ga setuju sama mekanisme wisuda sekarang yang dipecah2 gt jadi ga barengan sama temen2 tp tetep happy, tanggal 6 Nov udah wisuda yeaayyy :D


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Google+ Followers