Kafir ?

01.11

Another night thoughts hehe


Kali ini, gue mau cerita yang "agak" sensitif. Agak sih. tapi yaudahlah ya... Karena berhubungan dengan SARA. Jadi, gue baru liat salah satu twitter orang gitu tentang ahok. Cukup jadi viral gitu deh.. dan tiba-tiba ada seseroang yg bales blg gini isinya "siapa kah ada sudah bisa menyebut orang kafir" hehehe. Agak pengen ketawa sih bacanya. Gue ngga tau apa agama dari orang yang ngomong seperti itu, kemungkinan besar sih non muslim. Tapi, kalo muslim, kasian juga, dan perlu dipertanyakan ke-islam-annya. Gue disini nggak akan bahas tentang ahok nya sih... karena, males juga bahasnya. Gue punya opini sendiri dan orang lain juga punya opininya sendiri. Landasannya pun berbeda.. gue berlandasankan dengan (Inysa Allah) keislaman gue dan mereka mungkin berlandaskan (katanya) "toleransi". sedikit deh gue singgung, apakah kita bisa mentolerir prinsip ? Kalo bisa mungkin ngga akan ada kata perceraian kali ya... 

Balik lagi, yang mau gue bahas disini adalah kata "kafir" itu sendiri. Sejauh ini, sepemahaman gue kata kafir adalah kata resapan dari bahasa Arab. Bahkan kalau merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian kafir itu adalah orang yang tidak percaya pada Allah & Rasul-nya. It's quite refer to muslim references sih menurut gue. Mungkin agak susah kalo gue berbicara secara umum, gue bakal lebih mengecilkan lagi sudut pandangnya. Secara agama Islam tentunya. Karena, mostly orang yang berbicara mengenai kafir adalah muslim. 

Pengertian kafir itu sendiri sudah sangat jelas tertulis di Al-quran. Yaitu, orang-orang yang tidak mempercayai rukun iman, yang tidak mempercayai Allah SWT sebagai Tuhan dan Muhhamad sebagai Rasull Allah. Secara singkat, simple dan mudah dimengertinya seperti itu. Sehingga, kalau ada seorang muslim bilang kafir ke orang lain yang notabene non-muslim, bukan bearti mengejek atau apa.. karena memang di islam orang yang tidak mempercayai rukun iman disebut Kafir. 

Kafir itu bukan berarti orang jahat. Bukan berarti orang yang tidak pernah melakukan kebaikan atau tidak memiliki Jasa. Bukan... tapi kafir itu orang yang tidak mempercaya Allah dan Nabi Muhammad. Cukup capek & jengah juga sih banyak orang yang missunderstanding dengan pengertian kafir ini. Seakan-akan bila seseorang yang non muslim dibilang kafir itu terhina sekali.. Buat apa ? toh kalian juga tidak mengimani ajaran islam, kenapa harus "tersinggung" dengan kata-kata kafir. Karena pada dasarnya kata kafir hanyalah istilah untuk orang-orang islam. Untuk dimengerti oleh orang islam. 

Jadi, ada baiknya.... orang-orang sebelum emosi... coba cari tau dulu pengertian sebenernya. FYI, saya pun ilmu agamanya masih sangat dangkal... jadi mohon maaf bila ada yg salah, ini hanya pemahaman saya aja.. feel free untuk masukannya. 

Tapi satu lagi ayat yang sangat saya suka dari jaman SMP. Lakum Dinnukum Walliyadin. Bagimu agamamu & bagiku agamaku. This is what I've been thought about my religion, it might different with yours, you do you and I'll do mine :)

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Google+ Followers